IMG_0023

Judul: Buku Pengetahuan Paling Jorok Sedunia
Penulis/Ilustrator: Yim Sook Young/Kim I Rang
Penerbit: BIP
Harga: Rp 75.000,00
Rating: 4.5/5

Sebelumnya saya sudah pernah membaca review buku yang penuh hal-hal jorok ini. Jadi ketika melihatnya di toko buku, saya cukup tertarik untuk membelinya. Harganya lumayan mahal: Rp 75.000,00. Huhu, lagi ga punya duit begini (tapi kok tetep beli?). Tapiii, begitu plastiknya dibuka, rasanya harga segitu cukup pantas kok untuk buku ini.

Bahas dari isinya dulu yah. Sesuai judulnya, buku ini berisi pengetahuan umum mengenai hal-hal yang kita anggap jorok: kecoa, plak, upil, muntahan, air seni, dan lain-lain. Di sini dibahas mulai dari fakta-fakta umum, juga sejarah dan tips apa yang harus atau tidak boleh dilakukan dengan hal-hal jorok tersebut. Dan ternyataaaa… sepatu hak tinggi dibuat karena kota penuh tinja. Di China, otak monyet adalah masakan andalan (monyetnya direbus hidup-hidup! Dih). Selain itu, dibahas juga cara cebok di berbagai belahan dunia. Menarik bukan? Hehe

Dan kalau semua itu terasa masih kurang, coba lihat ilustrasinya. Ilustrasi buku ini sangat bagus. Setiap halaman full color. Kalau pembahasannya sudah jorok, ilustrasinya lebih jorok lagi. Seriusan deh, jangan pernah membaca buku ini sambil makan! Coba lihat gambar berikut.

IMG_0018

Nah, saya benar-benar ga bisa membayangkan pacar saya baca buku ini (sejujurnya, saya ga bisa membayangkan dia baca buku apapun, tapi yang ini beneran deh pasti ga sanggup). Saya sendiri, meskipun rada geli, cukup menyukai buku ini. Pembahasannya menarik banget dan memberikan banyak info. Dengan mengetahui hal-hal jorok itu, kita bisa jadi lebih menjaga kebersihan (atau memang saya suka yang jorok-jorok, huhu).